Kenapa Belum Hamil….??

Infertilitas primer, yaitu sepasang suami istri yang telah menikah selama 1 tahun atau lebih dan rutin melakukan hubungan seksual tetapi sang istri belum juga hamil. Penyebab infertilitas ini banyak sekali dan dapat berasal dari pihak istri, suami ataupun kedua-duanya.

Kelainan dari pihak istri misalnya adanya gangguan yang mengenai organ reproduksi seperti sumbatan saluran telur, adanya kista ataupun tumor lainnya, indung telur yang tidak dapat berproduksi, dan lain-lain. Selain itu dapat pula berupa ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan sel telur tidak dapat keluar dari indung telur ataupun sel telur yang sudah dibuahi tidak dapat melekat pada rahim.

Kelainan-kelainan ini biasanya ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur atau adanya keluhan-keluhan lain seperti nyeri haid yang amat sangat, menstruasi yang sangat sedikit atau sangat banyak dan lain-lain. Masa subur dihitung kurang lebih 14 hari sebelum haid yang akan datang, misalnya Anda biasa haid tanggal 25 maka kemungkinan masa subur anda tanggal 11, namun biasanya ditambahkan 2 hari sebelum dan sesudah tanggal itu untuk mengantisipasi seandainya terjadi perubahan jadwal. Pada saat ovulasi (masa subur) biasanya ditandai dengan adanya lendir vagina yang sangat kental yang tidak akan lepas bila dipisahkan dengan dua jari (biasanya jempol dan telunjuk).

Kelainan dari pihak suami misalnya jumlah sperma yang kurang, jumlah sperma cukup namun banyak yang mati/cacat, sperma yang tidak mampu bergerak ataupun ejakulasi dini. Kelainan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal di antaranya rokok, seorang laki-laki yang merokok spermanya cenderung lebih lambat bergerak akibat racun dari rokok. Selain itu suhu di sekitar testis atau kantung kemaluan yang tinggi (panas) akan mengakibatkan sperma banyak yang mati atau cacat. Hal ini sering terjadi misalnya celana yang terlalu ketat, penggunaan celana berbahan dasar tebal seperti jeans, posisi dalam pekerjaan sering duduk di atas benda yang panas, seperti mesin kendaraan (misalnya supir truk), di atas motor dan lain-lain.

Setiap harinya mengendarai motor dengan jarak yang cukup jauh, namun belum tentu kualitas sperma suami tidak baik. Untuk kasus infertilitas primer , ada baiknya Anda berdua memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesialis kebidanan atau dokter spesialis andrologi untuk mengetahui di mana letak kelainannya dan adakah cara untuk memperbaikinya. Semoga Anda dan pasangan cepat dikaruniai keturunan.

About these ads

19 thoughts on “Kenapa Belum Hamil….??

  1. sy jugak.. udah 3 tahun lebih mendirikan rumah tangga..kok masih belum hamil.. frust jugak.. tapi apo nak buek..
    mmg belum rezeki..so apakah langkah pertama yg harus ku ambil utk mencari penyelesaian pd permsalahan ini..

  2. Iya nih, aku jg udah setahun lebih,tp belum hmil juga. pdhl sjk nikah mens-ku sgt2 teratur dan tidak sakit apa2.
    Mau ke dokter kandungan perempuan,mahal euy!
    Ada solusi bang?

  3. alhamdulillah istri saya sudah hamil 5 bulan. kami menanti cukup lama setelah hamil sebelumnya keguguran. harap dan harap tak kunjung datang, akhirnya kami pasrah kepada Allah. Kami hanya berkeyakinan mungkin Dia belum mempercayai kami untuk mendapatkan amanatnya. Sesudah pasarah, kami terus berdoa. alhamdulillah berhasil. Mohon doa semuanya ya, ….. salam

  4. Saya sdh 4 th menikah tp belum hamil juga, pernah kedokter mahal..krn disuruh dokter bolak-balik, nah…ada gak cara medis yg gak bolak-balik ke dokter, misalnya dengan minum obat yg bs membuat organ reproduksi kita sehat sehingga bisa mudah untuk hamil. makasih….

  5. saya dah dua tahun menikah tapi belum hamil juga sering periksa kedokter spesialis kandungan tapi katanya normal tp anehnya setelah diberi penyubur sy banyak keluhan setelah 6 bln berikutnya sy periksa kedokter kandungan sy divonis sakit kista sedih rasanya mpe cuma bisa nangis tp skrng sudah dioperasi tapi kok belum hamil juga ya kenapa?beri solusi donk……..

  6. sama, saya udah hampir setahun nikah tapi gak kunjung hamil malah adik saya yang baru berapa bulan nikah eh uda isi, tapi tetap berusaha aja plus doa mungkin belum diberi kepercayaan aja ma Tuhan..

  7. saya udah menikah baru 8 blan,semenjak menikah menstruasi saya tidak teratur… skr malah 3 bln tdk menstruasi,tetapi tidak hamil… mengapa??

  8. saya sudah berkwin 8bln tapi belum ada tanda2 hamil mengapa?bagaimana kah langkah supaya dpat masalah ini hamil.kitaran haid teratur,kami selalu berdoa?

  9. sy sdh 2th menikah tp sampai saat ini belum dikaruniai anak,sy sudah sempat periksa ke 2 dokter kandungan berbeda dengan diagnosa yg berbeda pula,doketr I wanita dgn dok wanita sy hanya priksa dalam saja,tp hslnya bgus tdk ada kista,dll,tp ktnya sy tidak berovulsai,trus sy diksh obat cyclo-progynova…tp jujur sy blm minum smp saat ini
    lalu dokter II pria sy hanya diUSG sj tdk priksa dlm,dokter II jg blg smuanya bagus,tp kt dok II sy berovulasi krn msh bs menstruasi,lalu sy disuruh balik lagi ke dok II dilakukan tindakan (tiup) sy dimasukkan cairan (oksigen) kedlm vagina sy dgn cr disuntikan dan diberi obat nevradin E dan provula..
    lalu suami sy diberi obat tribestan…..setelah obat habis memang sy tdk mens tealt 12 hari tp stlh priksa hslnya negatif,knp ya dok minta sarannya..ditunggu
    trimaksasih

  10. hmpir 2 thn nikah tp lum d ksh kprcayaan sm ALLAH q msh berdoa coz png cpt2.dl pernah kecewa kirain hamil g tw@ g jd,,,sedih deh
    masih berdoa & pasrah,allah psti pny maksud & tujuan dari ini semua.
    moga doa qta di dengar & d kabulkan oleh Yang Maha Kuasa….AMIN…..

  11. kayaknya kita senasip semua….aku malah pernah punya anak umur 1,5 tahun meninggal dn sejak anak ku lahir aku pake kb suntik 1 bulan setelah 1,5 tahun aku berhenti kb… dengan harapan cepat hamil dan dapat penggantinya lagi… udah ke dokter dikasih santa E…ampe hormon penyubur…tapi ampe skg blm hamil……sedih banget…apa pasca kb kandungan kita kering ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s