Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita Di Posyandu Aron Bunot Gogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Tahun 2010 (Abstrak)

AKADEMI KEPERAWATAN
JABAL GHAFUR SIGLI
Karya Tulis Ilmiah
30 Agustus 2010

MULIANI ABDULLAH/MIRZAL TAWI*)
092001S07080
Xiii + 51 Halaman + 12 Tabel + 5 Lampiran

ABSTRAK
Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita Di Posyandu Aron Bunot Gogo
Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Tahun 2010

Vitamin A adalah salah satu zat gizi dari golongan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk kesehatan mata dan untuk kesehatan tubuh. Salah satu fungsi vitamin A adalah memelihara kesehatan jaringan epitel, termasuk kulit dan selaput-selaput yang melapisi semua saluran yang terbuka keluar badan dan kelenjar-kelenjar serta saluran –salurannya. Untuk mencegah kekurangan vitamin A, maka diadakan pemberian vitamin A dosis tinggi secara rutin dua kali dalam satu tahun. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie bahwa jumlah keseluruhan balita pada bulan Februari tahun 2010 adalah 1783. Balita yang mendapatkan vitamin A adalah 1768 (98,93%), sedangkan data di Posyandu Aron Bunot Gogo sebanyak 40 balita, yang mendapatkan vitamin A 15 balita (37,5%) dan yang tidak mendapatkan 25 balita (62,5%). Berarti suplementasi vitamin A di Posyandu Aron Bunot Gogo belum memenuhi standar yang diharapkan yaitu 80%. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran karakteristik ibu, tingkat pengetahuan ibu berdasarkan umur, tingkat pendidikan dan status pekerjaan ibu tentang pemberian kapsul vitamin A di Posyandu Aron Bunot Gogo. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan desain cross – sectional. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2010 dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 40 orang ibu yang mempunyai balita. Data yang didapatkan yaitu dengan melakukan wawancara dan mengedarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok umur ibu yang paling banyak adalah kelompok umur 20-35 tahun yaitu 67,5%, tingkat pendidikan ibu yang paling banyak adalah pendidikan rendah yaitu 80%, status pekerjaan ibu yang paling banyak yaitu ibu yang tidak bekerja 90%, status pemberian kapsul vitamin A lebih banyak yang tidak memberikan yaitu 62,5%, dan tingkat pengetahuan ibu yang paling banyak yaitu tingkat pengetahuan sedang 55%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan ibu-ibu di Posyandu Aron Bunot Gogo, lebih banyak berada pada katagori sedang.

Kata Kunci:Vitamin A, Umur, Pendidikan, Pekerjaan, Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Kapsul Vitamin A

Sumber : 18 Buku (2000 – 2010) + 8 Internet

One thought on “Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita Di Posyandu Aron Bunot Gogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Tahun 2010 (Abstrak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s